Rabu, 01 Maret 2017

# buku # mom & kids

Buku Pertama Sakha Kayak Gimana Ya?

 
Hai hai semua..pasti pada setuju kan dengan istilah "Buku adalah jendela dunia". Saya pun demikian. Walaupun ga punya banyak koleksi buku, tapi saya demen banget baca buku *kalau lagi mood. Saya juga pengen Sakha ke depannya nanti punya kegemaran membaca buku. Salah satu caranya adalah mengenalkan buku kepada Sakha sejak dini. Sempat nyesel juga karena dulu pas hamil tu saya ga rajin bacain buku buat Sakha. Ya emang pas hamil dulu bawaannya males-malesan mulu, muka bantal banget..


But, kali ini saya pengen menebus kesalahan saya waktu itu. Saya pengen mengenalkan Sakha buku di bulan-bulan awal kelahirannya. What? Emang Sakha udah bisa baca kok udah dikenalin buku?hehehe.. Ya belumlah, tapi seenggaknya biarkan si ibu ini bercerita ke Sakha dengan menggunakan media buku. Sakha kan juga bisa mengenal gambar atau warna yang ada di buku kan..

Jadi gimana tuh wujud buku pertama untuk Sakha? Berhubung waktu itu Sakha masih berumur 4 bulanan, saya membelikan buku dengan kriteria sebagai berikut :

  • Terbuat dari karton tebal atau kain
  • Berisikan gambar-gambar yang besar
  • Gambar memiliki warna-warna yang cerah
  • Ukurannya tidak terlalu besar
Kenapa kok bukunya terbuat dari karton tebal atau kain? Ya biar ga mudah robek atau rusak. Biasanya si bayi kan demen banget tuh gigit-gigit. Kalau buku dari kain ini digigit dan kotor, ya tinggal dicuci udah bersih lagi.

Kenapa kok bukunya berisikan gambar-gambar yang besar dan berwarna cerah? Ya supaya si kecil terstimulasi penglihatannya. Buku dengan gambar hewan atau alat transportasi yang dikemas dengan warna cerah dan mencolok pasti sangat menarik perhatian si kecil.

Kenapa kok ukuran bukunya tidak terlalu besar? Ya supaya nanti kalau si kecil udah bisa pegang bukunya sendiri, dia akan nyaman karena ga terlalu besar dan berat. Kasian kalau dikasih buku yang berat-berat karena koordinasi tangannya belum sempurna.

Mungkin kalau usia si anak sudah agak besar dan udah mulai tertarik dengan aktivitas, bisa dikenalkan dengan buku semacam busy book. Tapi kan waktu itu Sakha masih bayi yes, jadinya pilih buku yang simpel aja..


Yuhuuu, kebetulan waktu itu ada temen saya yang lagi jualan Buku Bantal. Saya merasa kayaknya buku ini cocok dengan kriteria di atas. Jadi cuzz deh langsung beli ke temen saya.. *makasih mba marisa :*

Buku bantal ini ada banyak seri mulai dari seri mengenal abjad, warna, angka, bentuk, benda-benda di sekitar kita, anggota tubuh kita, dll. Ada pula seri cerita tentang beruang pelangi, berebut sepotong roti, binatang kecil di sekitar kita, siapakah aku, dll. Saking banyaknya seri saya sampe bingung milih yang mana. Akhirnya nemu yang pas nih, yaitu tentang Mengenal Warna dan Binatang Kecil di Sekitar Kita. Kalau ga salah inget harga buku pertama sekitar Rp. 35.000 dan buku kedua sekitar Rp. 50.000. Begini nih penampakannya :
Buku pertama Sakha
Buku itu memiliki ukuran 17x17 cm, dengan 6 halaman isi plus 2 halaman sampul. Kenapa buku kedua lebih mahal dari buku pertama? Karena buku kedua ini lebih full colour. Trus ada gambar belalang yang bisa dilepas dari buku, ada pula gambar laba-laba yang bisa ditarik-tarik. Lucu pokoknya..

Gimana reaksi Sakha pas dibacain buku ini? Ya dia lempeng aja, ya karena masih bayi juga. Tapi saya ga pantang menyerah, tetep aja saya bacain..sebutin satu-satu ini gambar apa itu gambar apa. Di lain waktu pas Sakha udah bisa tengkurap, saya taruh ini buku di depan dia. Biarin dia tunjuk-tunjuk lalu saya akan menjelaskan nama objek apa yang dia tunjuk. Karena sedari baru lahir dia udah punya mainan rattle berbentuk katak, dia jadi sering nunjuk-nunjuk si katak di dalam buku.. :D
Asyiknya baca buku sambil murep
Saat usia Sakha hampir menginjak 1 tahun, saya pengen nambah koleksi buku lagi buat Sakha. Pas nemenin ayah Sakha ke Gramed buat beli komik, saya iseng-iseng mampir ke area buku anak. Saya nemu buku lucu, bentuknya kecil imut. Bakal pas banget di tangan Sakha, begitu pikir saya. Apalagi Sakha udah bisa menggenggam suatu barang, pasti dengan membolak-balikkan buku ini bisa menstimulasi tangan Sakha supaya lebih kuat lagi..hoho.. Langsung dah saya beli.. *dasar emak-emak kalap

Saya beli bukunya langsung empat sodara-sodara *dasar emak-emak kalap lagi. Nama bukunya adalah My First Book. Sayang saya lupa nama penerbitnya apa, yang pasti ini bukunya bagus. Satu buku dihargai Rp. 22.000. Mayan mahal ya? Tapi ga papa karena pasti bakal bermanfaat banget buat Sakha. :D Begini nih penampakannya :
Ga kefoto satu
Sakha punya yang versi My Vehicles, My Fruits, My Animals dan My Numbers. Sayang yang My Numbers belum kefoto nih. Buku ini terdiri dari 10 halaman berukuran 10x10cm. Isinya adalah tentang gambar sesuai tema, dilengkapi keterangan dengan 2 bahasa yaitu bahasa Inggris dan Indonesia. Yang paling seru adalah sisi sampulnya, karena terdapat potongan puzzle yang bisa ditempel di sampul. Jangan khawatir potongan puzzle itu bakal ilang, karena terdapat tali karet untuk menyambungnya dengan buku.
Contoh isi seri My Fruits
Contoh isi My Animals
Contoh isi My Vehicles
Wohooo, Sakha demen banget sama buku ini. Terbukti saking sering dibuka tutup, bukunya sampe lecek dan sobek. Tenang, cuma covernya aja yang sobek, isinya tetep utuh kok.. :D Dengan buku ini Sakha juga semakin ngerti nama-nama hewan, buah, dan alat transportasi. Biasanya saya kasih tebakan ke Sakha, "Ayo Sakha cari gajahnya dimana ya?" Maka Sakha pun akan sibuk membolak-balikkan halaman buku untuk menemukan dimana si gajah. Pas dia nemu, dia bakal girang banget.. Seruuu.. :D

Buku ini juga bisa jadi media melatih Sakha berbicara. Saya sering nyebutin objek di buku ini satu per satu. Kalau objeknya hewan, biasanya saya sambil menyebutkan gimana suaranya. Ga lupa saya meminta Sakha untuk menirukan. Alhamdulillah dia terstimulasi untuk berbicara.. :D

Wah ternyata buku pertama untuk si bayi ini banyak juga ya manfaatnya. Yuk tunggu apalagi, mari PDKT in anak kita dengan buku, karena buku adalah sumber ilmu. Iqra..


Sumber gambar :
Baby first book : https://www.theshoponline.be/uploads/products/Design_Letters/Baby_Design_Letters/design_letters_first_babybook_pink_boekje
_the_shop_online_herentals_1.jpg

2 komentar:

  1. Mirip punya anak-anakku, suka yah karena imut jadi dipegang sama anak rasanya kayak boneka pegang boneka buku hahahaha.

    BalasHapus