Senin, 06 Maret 2017

# buku # mom & kids

Buku Halo Balita, Investasi Untuk Sakha?


Hai hai semua, mumpung Sakha lagi demen baca buku dan cerita, saya mau review buku yang sering Sakha baca pas sebelum tidur, salah satunya adalah buku Halo Balita ini. Sakha udah punya buku ini sejak dia berumur 10 bulan.  Sebelumnya Sakha saya kenalin sama buku yang terbuat dari kain dan yang bentuknya ga terlalu besar seperti buku bantal.


Flashback dulu dah, sebelum membeli buku ini saya sempat dilanda kegalauan. Kenapa? Salah satu alasannya adalah soal harganya yang menjulang tinggi mencapai jutaan. Apaaa? Buku anak-anak aja kok harganya sampai jutaan..gile..gile..gile..ckckck..

Yap buku seri Halo Balita ini memang berharga jutaan. Tapi dengan harga segitu kita bisa dapet banyak macam seri buku, dapet pula bonus berupa 3 boneka tangan, 1 jilid buku panduan orang tua dan 1 jilid Hello Kids yang merupakan buku Halo Balita seri Bahasa Inggris. Penasaran, apa aja sih judul yang didapet dalam satu paket buku Halo Balita? Cekidot..
Terdapat 25 Jilid Buku untuk anak, terdiri dari :
9 Jilid seri SELF HELP

  • Aku Bisa Makan Sendiri
  • Aku Bisa Mandi Sendiri
  • Aku Bisa Pakai Baju Sendiri
  • Aku Berani Tidur Sendiri
  • Aku Bisa Merapikan Sendiri
  • Aku Suka Buku
  • Aku Selalu Hati-hati
  • Aku Berani ke Dokter
  • Aku Senang Keliling Kota

5 Jilid seri SPIRITUAL

  • Aku Sayang Allah
  • Aku Sayang Rasulullah
  • Aku Bisa Shalat
  • Aku Belajar Puasa
  • Aku Cantik Pake Jilbab

11 Jilid seri VALUE

  • Aku Suka Menabung
  • Aku Anak Jujur
  • Aku Anak Pemberani
  • Aku Belajar Membuang Sampah
  • Aku Sayang Teman
  • Aku Sayang Bibi
  • Aku Anak Santun
  • Aku Sayang Keluarga
  • Aku Anak Sabar
  • Aku Suka Berterimakasih
  • Aku Sayang Kumi

Wow banyak banget kan ya.. Harga normal buku Halo Balita ini sekitar Rp. 2.350.000. Nah waktu itu kebetulan ada temen SMA saya yang menginfokan kalau Paket Halo Balita lagi promo, harganya turun jadi Rp. 1.800.000 asal membeli secara tunai. Itu juga sudah plus ongkir. Mantab..

Sebenarnya ada pula paket Halo Balita yang dijual dengan e-Pen atau boneka Hafiz Talking Doll. Namun saya belum berminat membeli paket lengkap itu, saya masih tertarik sama bukunya aja. (sebenernya ya karena ga kuat melihat harganya sih.. :p)

Baca : Ketika Emak Tak Mampu Membelikan Hafiz / Hafizah Talking Doll

Buku Halo Balita yang turun harga ini membuat saya semakin semangat untuk membelinya. Apalagi mumpung Sakha masih kecil, buku ini bisa dijadikan media pendukung untuk saya sebagai orang tua dalam menanamkan kebiasaan-kebiasaan baik pada Sakha. Diharapkan kebiasaan-kebiasaan baik itu aka berpengaruh pada masa dewasa Sakha kelak.

Huwaaa, akhirnya setelah berkonsultasi dengan ayah Sakha, saya pun memberanikan membeli buku ini.. Niat ingsun untuk investasi Sakha..

Kalau dipikir-pikir murah atau mahalnya buku ini memang relatif ya. Misal si ibu A bilang mahal, mending duitnya buat investasi emas aja..(sah-sah aja kok). Misal si ibu B bilang murah, karena dengan harga 1,8 juta udah bisa dapet macem-macem buku dengan kualitas yang oke..(juga monggo ga papa). Saya monggoin aja soalnya saya udah terlanjur beli buku ini nih.. Harapan saya semoga buku ini bermanfaat untuk Sakha..hohoho..

Pas buku ini nyampe, saya kaget banget karena ternyata kardusnya besar dan berat. Ternyata total beratnya adalah 17 kg sodara! Wow, nyampe rumah langsung deh saya bongkar. Saya ambil buku-buku yang sekiranya temanya cocok untuk Sakha seumuran 10 bulan. Pas saya bacakan buku ini saya fokusin ke gambarnya aja. Sakha juga antusias nunjuk-nunjuk gambarnya..
Saat Sakha mengobrak-abrik bukunya
Menurut saya ada beberapa kelebihan buku Halo Balita ini daripada buku yang lain, antara lain :
1) Lembaran bukunya tebal
Yap dengan lembaran yang tebal ini, buku jadi ga gampang lecek. Selain tebal, buku ini juga tahan air (lebih tepatnya iler). Kalau kena tetesan air atau iler, tinggal dilap tissue aja udah kinclong lagi. Terbukti sejak Sakha mulai umur 10 bulan sampai 2,5 tahun ini, si buku tetep awet walaupun sering dibuka-tutup, didudukin, bahkan sampai diinjek..fiuuuh..

2) Gambar besar dan menarik
Karakter-karakter di dalam buku ini digambarkan secara jelas, mulai dari Sali, Saliha, Kumi, Ayah, Ibu, dll. Selain jelas, warnanya juga menarik. Sakha sampe hapal banget dimana buku yang ada karakter tambahan seperti "Budi" dan "Pak Husein" :D
   
3) Ceritanya singkat dan padat
Buku ini ga banyak mengandung text. Paling satu halaman cuman ada 2 kalimat pendek. Dengan cerita yang padat ini bisa membantu anak lebih memahami isi cerita, ketika mereka sudah bisa membaca nantinya.
4) Terdapat activity board di halaman terakhir buku
Activity board ini salah satu bagian yang menjadi favorit Sakha. Halaman terakhir ini bisa dibuka-tutup, bisa menstimulasi rasa keingintahuan anak. Saat sudah bisa memegang benda, Sakha berusaha membuka-tutup halaman ini sendiri.

5) Tahan jamur! (penting banget :D)
Buku Halo Balita ga semua saya keluarkan untuk dibaca. Sisanya saya simpan di dalam lemari kayu. Nah, karena keadaan rumah yang lembab, maka lemaripun menjadi jamuran. Tapi ajaib juga, pas saya lihat buku Halo Balita yang kesimpen di lemari ini ga berjamur..hohoho..

Sekarang Sakha berusia 2 tahun 6 bulan. Alhamdulillah terdapat beberapa perilaku positif Sakha yang terbentuk sedikit banyak karena bantuan buku ini. Sakha sudah terbiasa membuang sampah sendiri, merapikan mainan sendiri, (berusaha) memakai baju sendiri, dan makan sendiri. Tapi kadang Sakha sangat malu mengucap terimakasih kalau dikasih sesuatu oleh seseorang yang baru dia kenal. Padahal saya dan suami udah meminta dia mengucap terimakasih, tapi dia cuma nyengir-nyengir doang..fiuuh.. Waah..brarti ini PR buat saya buat bacain cerita Halo Balita tentang "Aku Suka Berterimakasih" :D

Selain itu Sakha juga udah gaya-gaya sok baca buku ini sendiri. Jadi kalau saya lagi capek bin ngantuk, saya minta Sakha buat bacain buku ini buat saya..hahaha.. Dia udah lumayan hafal alur cerita beberapa buku Halo Balita ini. Dengan menceritakan buku ini ke saya, otomatis bisa menambah kemampuan verbal Sakha..kosa kata Sakha pun bertambah banyak..

Jadi buku yang pertamanya saya anggap sangat mahal ini, ternyata sangat bermanfaat sekali bagi perkembangan Sakha. Worth it!. Semoga buku ini tidak hanya bisa menjadi investasi untuk Sakha, namun bisa juga untuk adik-adik Sakha nanti. Amiin.. Sekian sharing saya tentang buku Halo Balita, semoga bisa diambil manfaatnya ya.. :)

Mengingat membacakan cerita pada anak memiliki manfaat yang luar biasa bagi perkembangan otaknya. Sudahkah hari ini kita membacakan buku untuk si kecil?



Sumber gambar:
Gambar judul : http://dikatama.com/wp-content/uploads/2016/09/jual-buku-abaca-768x576.jpg

2 komentar:

  1. Bund, lagi galau nih, baby 11m beli halo balita dulu apa rabbit hole ya? 😂 Trs ini Shaka baca halo balitanya sampe 2.5 th aja y bund? Setelah itu apa? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua-duanya bagus bun.. Kalau pengen mengenalkan emosi pada baby, lebih baik beli buku rabbit hole dulu.. Sakha sampe sekarang masih baca halo balitanya bun, tapi ya di judul2 tertentu aja.. Sekarang sakha lagi seneng2nya sama buku activity.. :D

      Hapus