Selasa, 22 Januari 2013

Batu Bolong ke Tengah Pantai? Cuma Ada di Pantai Poto Batu

Pantai Poto Batu 1
Pantai Poto Batu
Setelah puas menikmati air terjun Jereweh, Dipta mengajak kami mengunjungi pantai di sekitar Taliwang. Tidak jauh dari daerah Jereweh, mungkin hanya sekitar 30 menit perjalanan. Dipta gak menyebutkan apa nama pantainya, kami ngikut aja karena kami gak tau apa-apa..haha..

Setelah melewati medan yang berbelok-belok, khas jalan pantai, akhirnya kami sampai di jalan pantai Poto Batu. Kalau menoleh ke kanan akan keliatah tebing kapur, kalau menoleh ke kiri akan kelihatan deretan pantai yang bagus sekali. Sebelumnya kami juga melewati Pasar Ikan Jereweh. Kami senang bukan kepalang karena pemandangan di pantai ini bagus banget. Air lautnya biru kehijauan. Kami memarkir motor di pinggir jalan, kemudian kami turun ke pantai. Di pinggir jalan terlihat plang "Pantai Poto Batu" yang menggunakan bahasa yang agak unik. Gak lupa saya memotretnya,,hehe..
Pantai Poto Batu 2
Papan nama pantai Poto Batu
Sampe turun di pantai, saya terkagum-kagum dengan seonggok, eh bukan seonggok ding tapi sebongkah. Yak, sebongkah batu besar yang bolong, yang bisa dimasuki orang untuk sampai ke tengah pantai. Seruuu. Di atas batu itu ada bendera merah putih berkibar. Wow, nasionalis sekali.. :) Untuk masuk pantai ini, tarifnya adalah gratis, parkir pun juga gak bayar. Wah.. Gak lupa kami berfoto-foto dengan batu keren itu. Setelah selesai berfoto-foto, kami masuk ke dalam batu itu. Kami penasaran, ini batu buatan apa batu alami ya? kok bisa pas bolongnya gitu. Setelah masuk beberapa langkah ke dalam batu, kami bisa melihat hamparan laut yang luas. Walaupun tanpa masuk batu masih tetep bisa lihat hamparan laut juga,,haha. Tapi lebih seru kalo masuk ke dalem batu kayak gini deh.
Pantai Poto Batu 3
Batu bolong di pantai Poto Batu
Pantai Poto Batu 4
Saya dan batu eksotis itu
Dari dalem batu itu kami duduk-duduk. Bosan hanya duduk-duduk, saya melompat keluar ke karang untuk melihat pemandangan laut dengan lebih jelas. Keren sekali, banyak karang. Kalau melihat laut lepas, dari kejauhan akan terlihat daratan yang gak tau itu pulau apa..haha. Dan tidak lupa aksi jepret-jepret dilakukan.
Pantai Poto Batu 5
Teman-teman yang ada di dalam batu
Pantai Poto Batu 6
Pak fotografer yang sedang memfoto kami
Pantai Poto Batu 7
Di pantai ini banyak karang-karang
Cukup segar sekali mata memandang pantai ini, cocok untuk olah raga mata..hehe. Keasyikan menikmati pantai ini, Dipta memanggil kami untuk mengajak mengunduh degan (kelapa muda). Haha, nekat sekali anak ini. Tapi seru juga, jarang-jarang bisa minum air kelapa muda dari petikan langsung. Kami pasrahkan semua pada Dipta, karena dia sangat berpengalaman sekali. Dia memanjat pohon kelapa kemudian mengupasnya secara manual,ckckck, kuat sekali.
Pantai Poto Batu 8
Kelapa muda hasil petikan Dipta
Pantai Poto Batu 9
Kelapa muda yang sudah habis kami grogoti,,haha,,
Nikmat sekali minum kelapa muda langsung dari pohonnya. Selain gratis, alaminya itu lho..hehe..nikmat sekali. Setelah puas menikmati kelapa muda, kami melanjutkan sesi foto-foto, karena mas fotografer baik sekali mau memfoto kami berkali-kali. Berikut ini adalah foto-foto hasil jepretan mas fotografer.. :)

Pantai Poto Batu 10
Ada couple nyasar di gua
Pantai Poto Batu 11
Saya dan Amel berjalan ke arah pantai
Pantai Poto Batu 12
Merdekaaaaaaa.... :D
Pantai Poto Batu 13
Top markotop ini jepretannya mas Cahyo
Setelah puas berfoto-foto, dan berhubung hari sudah menjelang siang, yang pasti keadaannya panas banget disini, kami memutuskan untuk pulang. Sebelum pulang, kami berencana ke daerah Taliwang, untuk mengantar Amel beli oleh-oleh. Konon katanya di Taliwang ada distro yang menjual baju dengan label "Lombok Hardcore". Dia mau nyarikan baju buat cowoknya, kami dengan sigap mengantar..haha. Sambil kami penasaran juga sama masakan "Ayam Bakar & Ayam Goreng Taliwang". Jadi setelah searching baju, kami memutuskan untuk makan masakan khas taliwang itu. Sayang penampakannya lupa gak dipotret, mungkin saking kelaparannya saya. Pokoknya warungnya ada di pojokan, deket counter hp..haha..lupa daerahnya.

Memasuki daerah Taliwang, kami terkagum-kagum dengan suguhan istimewa. Disana ada masjid agung taliwang, yang menurut saya elegan sekali. Keren banget masjidnya. Dibangun megah di tengah sawah. Masjid ini tampak begitu kokoh sekali. Begitu elegan. Berikut penampakannya.
Masjid Agung Taliwang
Akhirnya di hari menjelang sore, tepatnya sebelum hujan mengguyur daerah ini, kami pulang. Rute pulang adalah sama dengan rute yang kami lewati saat berangkat tadi. Bersyukur sekali karena saya diberi kesempatan untuk melihat pemandangan yang sangat indah sekali. Semua bisa dinikmati secara gratis. Alhamdulillah. Jadi jika Anda sedang ada di Sumbawa, jangan lupa mampir ke pantai Poto Batu. Keren sekali pantai ini. Tapi hati-hati kalau mengendarai motor di daerah Sumbawa, karena disini banyak sapi dan kambing liar berkeliaran.. :D Sekian postingan dari saya, semoga bermanfaat.
Kambing Liar di Sekitar Jalan
Hati-hati saat berkendara karena banyak kambing liar disini